Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan

Cara merawatan payudara selama kehamilan adalah salah satu bagian yang paling penting yang harus anda dan kita perhatikan sebagai persiapan untuk melaksanakan fungsi payudara yang sebenarnya, yaitu menyusui sang buah hati yang sudah kita nantikan. Waktu masa kehamilan berlangsung, payudara anda akan membesar dengan sendirinya dan daerah sekitar puting susu akan lebih gelap warnanya, serta ditambah lagi payudara anda akan lebih sensitif juga. Hal ini akan terjadi sebagai persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya nanti.

Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan

Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan

Cara merawat payudara selama kehamilan adalah jika bra sudah dirasa mulai menyempit, sebaiknya mengganti bra dengan yang lebih pas dan juga sesuai dengan ukuran payudara Anda. Jika Anda berencana untuk menyusui, maka bra harus diganti dengan bra yang sering digunakan khusus untuk menyusui. Anda dapat memilih bra yang ukurannya sesuai sama ukuran payudara anda, karena bra yang ukurannya tidak sesuai yang bisa menyebabkan infeksi, seperti mastitis (suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara). Persiapkanlah puting susu. Dengan lembut, memutar puting susu antara jari telunjuk dan ibu jari sekitar 10 detik saat mandi. Kalau ada kesulitan atau puting susu sudah termasuk jenis rata atau masuk ke dalam konsultasikan dengan dokter.

Cara merawat payudara selama kehamilan disaat akhir bulan masa kehamilan, anda dapat mencoba untuk memijat lembut payudara di daerah yang berwarna lebih gelap (aerola) dan juga puting susu, payudara akan mengeluarkan beberapa tetes kolesterum (pre-milk). Hal tersebut juga berguna untuk membantu membuka saluran susu yang akan anda berika kepada anak anda nantinya.

Cara merawat payudara selama kehamilan dengan membersihkan payudara dan puting susu, jangan menggunakan sabun di daerah puting susu, karena bisa menyebabkan daerah tersebut kering. Pakai air saja, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih dan kering.

Cara merawat payudara selama kehamilan adalah dengan memperhatikan perubahan pada payudara yang disebabkan karena hormon tubuh pada wanita disaat mereka sedang hamil. Perubahan yang terjadi biasanya adalah payudara yang tumbuh dan membesar, teksturnya yang lembek dan hipersensitif, warna dari aerola dan juga puting susu yang semakin gelap yang terjadi karena hormon yang mempengaruhi pigmentasi kulit. Payudara yang mulai mengeluarkan cairan kekuningan dan kental. Serta ukuran puting susu dan aerola yang membesar serta puting susu semakin menonjol.

Payudara adalah penghasil ASi yang digunakan sebagai sumber nutrisi bagi anak anda. Komposisi ASI yang lengkap dan tidak akan ada yang bisa membuat susu yang bisa menyamai ASI tersebut.

Termasuk pada saat pertama kali dilahirkan ada baiknya bayi anda melakukan inisasi dini untuk menyusui. Manfaat yang anda dapatkan dari perawatan payudara saat hamil ini adalah:

  • Menjaga kebersihan payudara terutama pada puting susu sebagai jalur keluarnya ASI
  • Memperkuat puting susu agar bayi budah saat menyusu.
  • Mendeteksi apabila ada kelainan pada payudara anda secara dini dan dapat dilakukan pengobatan secepatnya.
  • Merangsang kelenjar air susu yang ada di dalam payudara anda sehingga rodusi ASI yang anda hasilkan akan lebih banyak dan lancar.

Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan dengan melakukan senam payudara yang bertujuan untuk memperkuat otot pektoralis di dada anda sehingga dapat membuat payudara menjadi padat dan produksi ASIpun semakin lancar. Langkah senam yang dapat anda lakukan adalah:

Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan pertama :

  • Dalam posisi berdiri, anda dapat menggunakan tangan kanan anda untuk memegang lengan bawah kiri dekat siku, sedangkan tangan kiri anda memegang lengan kanan bagian bawah dekat siku juga (berdisekap).
  • Tekan kuat-kuat ke arah dada dengan mempererat pegangan anda hingga terasa tarikan pada otot-otot di dasar payudara anda.
  • Lemaskan kembali kedua lengan. Anda dapat melakukan gerakan ini kurang lebih sebanyak 20 kali.

Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan kedua :

  • Kedua ujung tangan anda memegang bahu. Siku diputar ke depan hingga lengan bagian dalam terasa seperti memijat payudara ke atas.
  • Gerakkan tangan anda ke atas,kemudian dilanjutkan ke belakang dan kembali ke posisi semula anda saat melakukan gerakan.
  • Lakukan latihan ini sebanyak 20 kali putaran.

Cara merawat payudara selama kehamilan yang dapat anda lakukan dari dalam seperti mengonsumsi makanan bernutrisi yang dapat menentukan kualitas ASI dalam payudara anda. Perbanyak mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan segar agar ASI anda menjadi lancar. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung protein, mineral, vitamin A, B1, C,dan E yang memiliki manfaat untuk merangsang produksi ASI anda selama masa kehamilan, seperti daun katuk, bayam, kangkung, dan ikan salmon.

Dan juga cukup minum air putih yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk mencegah dehidrasi, cukup minum air putih juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ibu juga akan memengaruhi produksi ASI Anda. Ditambah lagi dengan ketika anda sedang hamil anda harus yakinkan diri anda bahwa ASI yang anda produksi dapat keluar dengan lancar dan anda dapat menyusui buah hati anda tanpa kendala. Pikiran yang positif yang anda fikirkan dapat merangsang produksi ASI. Sebaliknya, ketika anda merasa stres akan dapat menghambat keluarnya ASI.


>>> Cream Untuk Memperbesar, Mengangkat dan Mengencangkan Payudara Wanita, Melindungi, Menghaluskan, Melembutkan Kulit Payudara dan Memperindah Bentuk Payudara, KLIK DETAIL DISINI!

This entry was posted in Memperbesar Payudara and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *